Brevet Analis Kredit Mikro


Brevet Analis Kredit Mikro


Daftar Sekarang

Brevet Analis Kredit Mikro



Lihat selengkapnya

Our Client

Logo bank BNI
Logo bank bri
Logo client Bank Mandiri
Logo bank mandiri syariah
logo client bca
client BJB
Bank Nagari
Bank Jatim
Bank Jateng
Bank kaltim2
Logo bank bni syariah
Jasaraharja2
Bank kepri
ssi
pati
sss2
Logo Bank Bengkulu
Logo Bank BTN
Logo Pengadaian
Logo Bank KalSel
Logo BPJS
Logo Adira
Logo Bank Sampoerna

Introduction

Introduction Brevet Analis Kredit Mikro

Kredit merupakan bisnis yang terbesar bagi perbankan/lembaga pembiayaan, di mana porsi pendapatan bank/lembaga pembiayaan sampai saat di didominasi bersumber dari interest income (pendapatan bunga). Namun demikian, kredit merupakan aset yang berisiko yang perlu dikelola dengan baik agar tidak terjadi kerugian bagi bank.

Untuk menjaga kredit tetap tumbuh berkelanjutan dan terjaga tingkat kesehatan asetnya, maka terdapat 4 aspek yang perlu dipenuhi oleh bank/lembaga pembiayaan yaitu:

1. TIM UNIT BISNIS YANG TANGGUH
Mengingat kondisi persaingan saat ini sangat tajam, di mana pesaing tidak hanya datang dari sesama lembaga perbankan (Bank Umum, dan BPR), Lembaga Pembiayaan juga bersaing dengan Financial Teknologi yang semakin marak, sehingga petugas perlu dibekali ilmu bagaimana melakukan perencanaan strategi pemasaran, termasuk mapping business, bagaimana melakukan taktik pemasaran (Diferensiasi, teknik selling, negosiasi dan penggunaan tools marketing mix), bagaimana meningkatkan brand perusahaan melalui Value dan Proses agar sejalan dengan harapan stakeholder (pegawai, nasabah, pemegang saham) dengan ukuran scorecard.
2. ANALISA DAN MEMITIGASI RISIKO YANG KOMPREHENSIF
Salah satu kontribusi munculnya kredit bermasalah adalah melalui kurang pahamnya petugas dalam melakukan Analisa dan Memitigasi Risiko.
Tentunya dari pembelajaran melalui training sekaligus workshop akan menambah kompetensi petugas dalam menganalisa dan lebih aware terhadap proses kredit.
3. PENGUATAN ADMINISTRASI KREDIT YANG TANGGUH
Administrasi kredit harus diposisikan sejajar dengan analis kredit, karena masih dalam satu kesatuan pada proses kredit. Administrasi kredit harus ditempatkan sebagai penjaga gawang terakhir melalui pemenuhan dokumentasi serta aspek yuridis dalam pemberian kredit agar hak eksekutorial bank atas perjanjian, proteksi dan jaminan tetap terjaga secara aman.
4. TIM REMEDIAL & RECOVERY YANG BAIK
Bank atau lembaga pembiayaan harus didukung oleh tim Remedial & Recovery yang baik. Kejadian permasalahan kredit sudah lumrah terjadi, terlebih dalam kondisi ketidakpastian yang tinggi saat ini. Namun perbankan/lembaga pembiayaan perlu membekali bagaimana memanage problem loan yang baik, teknik-teknik penyelamatan dan penyelesaian yang lebih efektif agar dapat meminimalisir risiko bagi bank.

4 (empat) aspek ini harus menjadi lesson learn dan menjadi panduan bagi bank/lembaga pembiayaan dalam melakukan proses perkreditan. Updating dan perbaikan prosedur dan kebijakan perkreditan menjadi rujukan/pedoman yang diarahkan sebagai pengendalian perkreditan ke depan bagi institusi.

Kelulusan Brevet Analis Kredit Mikro dilaksanakan secara independen dan terhindar dari intervensi dari pihak manapun termasuk pemateri.

Sertifikat Brevet Analis Kredit Mikro akan teradministrasi dengan tingkat security yang tinggi dengan menggunakan kode khusus dan barcode yang langsung terdaftar di dalam daftar peserta lulus pada website PT. Bangun Kapasitas dan dapat dipertanggung-jawabkan.

Siapa saja yang dapat mengikuti In-House training ini?

  • Dewan Komisaris
  • Direktur Utama
  • Direksi
  • Pemimpin Divisi
  • Pemimpin Bagian
  • Pemimpin Cabang
  • Pemimpin Cabang Pembantu

Training Objective

The objectives of Brevet Analis Kredit Mikro

  • Peserta pelatihan mampu memahami dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang meliputi business mapping, teknik selling dan negosiasi
  • Peserta pelatihan mampu memahami service mindset dalam melakukan proses permohonan calon debitur yang optimal
  • Peserta pelatihan mampu memahami aspek-aspek dalam proses analisa kredit dan penyediaan sumber data
  • Peserta pelatihan mampu memahami serta mengimplementasikan teknik verifikasi dan penilaian agunan dengan baik
  • Peserta pelatihan mampu memahami dalam menganalisa laporan keuangan yang akan dianalisa berkaitan dengan proses credit analysis
  • Peserta pelatihan mampu memahami cara penilaian kelayakan usaha calon debitur dalam pemberian kredit
  • Peserta pelatihan mampu memahami pentingnya administrasi kredit dan hukum perkreditan
  • Peserta pelatihan mampu memahami strategi dan teknik analisa yang baik dalam melakukan pemilihan aspek-aspek pembiayaan yang akan memampukan Analis Kredit bank menghadapi persaingan yang semakin besar dalam perbankan dan ekonomi
  • Peserta pelatihan mampu dan memahami mengenai pentingnya fungsi monitoring debitur sampai dengan kredit lunas
  • Peserta pelatihan mampu melakukan identifikasi dan melakukan langkah-langkah penyelamatan dan penyelesaian kredit debitur yang bermasalah

Metode belajar yang fun dan interaktif untuk meningkatkan antusias dan keterlibatan peserta

Offline training dikemas sangat variatif dan interaktif untuk mengoptimalkan pengetahuan dan informasi tersampaikan dengan optimal. Komunikasi 2 arah antara pemateri dan peserta offline training.

  • In-House Training

Tatap muka langsung & networking dengan pemateri dan peserta

  • Material

Slide presentasi visual dan interaktif, workbook, dan assessment

  • Game Roleplay

Roleplay materi dan mendapatkan feedback untuk improvement

  • Certificate

Apresiasi partisipasi. Sertifikat bisa disinkronkan dengan linkedin

Materi In-House Training

1. Penilaian Agunan
2. Analisis Laporan Keuangan
3. Manajemen Perkreditan
4. Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit
1. Penilaian Agunan

Isi Materi

A. Agunan
– Pengertian agunan
– Manfaat agunan
– Sumber pembayaran kredit
– Pertimbangan penerimaan agunan

B. Penilaian Agunan
– Pendekatan data pasar
– Pendekatan biaya reproduksi
– Latihan penilaian agunan

C. Laporan Penilaian Agunan

2. Analisis Laporan Keuangan

Isi Materi

A. Akuntansi Dasar

  • Pengertian dasar Akuntansi
  • Prinsip Dasar Akuntansi
  • Persamaan Akuntansi
  • Proses Akuntansi

B. Laporan Keuangan

  • Neraca
  • Laporan Laba/Rugi
  • Laporan Arus Kas

C. Analisis Laporan Keuangan

  • Trend Analysis
  • Common Size Analysis
  • Ratio Analysis

3. Manajemen Perkreditan

Isi Materi

A. Jenis Kredit & Perhitungan Bunga
B. Teknik Pengumpulan Data & Verifikasi Data
– Persyaratan Kredit
– Pre Screening & Pengumpulan Data
– Verifikasi Data
– Analisa Laporan SLIK OJK (I-DEB)
C. Analisa Risiko
D. Credit Analysis “Qualitative”
E. Credit Analysis “Quantitative”
F. Analisa Ability To Pay
G. Loan Structuring

4. Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Isi Materi

A. Hukum Perkreditan

  • Permohonan Kredit
  • Legalitas Calon Debitur & Problematikanya

B. Jaminan & Pengikatan

  • Jaminan Kredit
  • Pengikatan Jaminan
  • Covernote Notaris

C. Administrasi Kredit

  • Mengapa Administrasi Harus Diperkuat
  • Paradigma Baru Administrasi Kredit
  • Prinsip Dasar Administrasi Kredit
  • Ruang Lingkup Administrasi Kredit
  • Case & Issue Terkait Administrasi Kredit
  • Asuransi Penjaminan
  • Perjanjian Kredit
  • Pencairan Kredit

Program Map

Overview Training Map

Kami dari Bangun kapasitas Merancang Program Map Introduction Training Risk Awareness, Risk Management Strategy & Enterprise Risk Management​ untuk mengembangkan program pelatihan yang efektif dan berdampak selama 2 hari.

1. Penyampaian Materi Kredit
Para peserta akan dibekali pengetahuan tentang materi Technical Competencies, agar dapat memahami dan mengimplementasikannya di lapangan tentang kemampuan melaukan Analisa Kredit, Proses Pencairan dan Analis Kredit, Penanganan Kredit Bermasalah, Hukum Perkreditan dan Management Risiko Kredit, Operasional, Risiko Likuiditas dan Risiko Kepatuhan. Selama kegiatan penyampaian materi peserta akan mendapatkan tugas untuk membuat Resume dan Pre Test & Post Test untuk menguji peserta dalam pemahaman materi
2. Ujian Komprehensif
Para peserta akan mengikuti Ujian untuk semua materi yang telah disampaikan oleh para inspirator di 5 (lima) hari sebelumnya, dan juga peserta secara berkelompok harus mempresentasikan tugas studi kasus yang diberikan sebelumnya oleh inspirator dari Bangun Kapasitas dan akan dinilai oleh penguji dari perwakilan Internal Bank Jateng dan dari Bangun Kapasitas

Training Activity

Training activity Brevet Analis Kredit Mikro

Opening Acara

Pembukaan acara Brevet Analis Kredit Mikro yang dibuka oleh Pejabat dari client dan perwakilan dari PT. Bangun Kapasitas

Opening - BAKM3 - 4 (1)

Opening - BAKM3 - 1 (1)

Opening - BAKM3 - 5 (1)

Klasikal Materi Pembelajaran

Berikut dokumentasi dari aktivitas penyampaian materi Klasikal dari para Inspirator Bangun Kapasitas (BK) yang berlangsung dari hari pertama sampai selesai.

Klasikal Day 1 - BAKM3 - 3 (1)

Klasikal Day 1 - BAKM3 - 4 (1)

Klasikal Day 1 - BAKM3 - 2 (1)

Pre-test & Post-test online

Sebelum dan sesudah menerima materi dari Instruktur, peserta mengikuti Pre Test & Post Test Online System pada pagi hari dan sore harinya.

Post Test - BAKM3 - 1 (1)

Post Test - BAKM3 - 3 (1)

Ice breaking & Games edukatif

Keseruan setelah melakukan ice breaking & games ada penghargaan dan hukuman yang membuat semua kelompok menjadi lebih kompetitif dan membuat training menjadi pro-aktif.

Ice Breaking - BAKM3 - 1 (1) (1)

Ice Breaking - BAKM3 - 2 (1)

Ice Breaking - BAKM3 - 5 (1)

Penghargaan kelompok terbaik

Penghargaan kelompok terbaik adalah berdasarkan para peserta yang teraktif, kekompakan, nilai presentasi yang baik dan tanya jawab diskusi yang komperhensif.

Closing Awarding - BAKM3 - 4 (1)

Closing Awarding - BAKM3 - 3 (1)

Closing Awarding - BAKM3 - 2 (1)

Foto Bersama

Foto bersama dalam program Brevet Analis Kredit Mikro dengan semua peserta dan para inspirator Bangun Kapasitas.

Opening - BAKM3 - 7 (1)

Pembagian Kelompok Belajar

Kami membagi beberapa kelompok untuk mempermudah dalam pembelajaran dan juga memudahkan dalam penilaian.


Tools Kit

Tools yang kami gunakan untuk menunjang kebutuhan training

Pre-test & Post-test

Ujian Evaluasi peserta sebelum acara untuk mengukur pemahaman awal, dan setelah acara untuk menilai tingkat pembelajaran dan perubahan.

Landing Pages

Halaman website yang menarik dan informatif untuk memberikan peserta informasi lengkap tentang acara dan materi dengan efisien.

Quiz Interactive

Kuis interaktif yang mendorong partisipasi peserta, meningkatkan keterlibatan, dan menyediakan cara yang menyenangkan untuk memperdalam pemahaman materi.

Games & Ice Breaking

Aktivitas seru untuk memecah kebekuan di antara peserta, menciptakan suasana santai, dan meningkatkan interaksi sosial, memperkuat ikatan dalam acara.

Assignment

Tugas adalah evaluasi awal peserta sebelum pelatihan dan penilaian akhir setelahnya. Ini mengukur pemahaman dan perkembangan mereka, mendorong refleksi dan penerapan materi.

Worksheet

Worksheet adalah alat yang mendukung pemahaman dan aplikasi konsep pelatihan. Dengan memberikan struktur pada pemikiran peserta, worksheet membantu mereka merinci dan menerapkan konsep yang dipelajari.

Tools Kit Landing Pages Bangun Kapasitas

Berikut adalah landing page sebagai bentuk inovasi digitalisasi dari Bangun Kapasitas

Video Kompilasi

Berikut adalah Video Kompilasi In-House Training Risk Awareness, Risk Management Strategy & Enterprise Risk Management

https://youtu.be/dOrC1YtY4k8

Testimonials

Peserta yang puas terhadap program ini

“Terima kasih telah memberikan sharing ilmu pengetahuan kepada kita semua, semoga ke depan yang disampaikan oleh tim Bangun Kapasitas bisa kami terapkan di Bank Bengkulu, dan membuat kami menjadi lebih baik lagi.”
⭐⭐⭐⭐⭐
Farida
Farida Bank Bengkulu
“Pemateri sudah menguasai materi pelatihan dan dapat menyapaikan dengan baik”.
⭐⭐⭐⭐⭐
Binang Sukma Yuda
Binang Sukma Yuda Bank Bengkulu
Instruktur sangat kompeten dalam bidangnya masing-masing dan materi sangat menarik dapat diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari
⭐⭐⭐⭐⭐
Lilia Sagita
Lilia SagitaBank Bengkulu
Previous
Next

F.A.Q

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Siapa Bangun Kapasitas?
Bangun Kapasitas (BK) adalah perusahaan penyedia training dan consulting di bidang perbankan dan keuangan yang mendedikasikan diri untuk membangun kapasitas human capital di Indonesia, melalui inspirasi dan nilai tambah dalam penciptaan produk bisnis, layanan dan pengembangan human capital secara keseluruhan.
Apa itu Public Training PT. Bangun Kapasitas (BK)?
Public Training BK adalah program pelatihan yang terbuka untuk umum, dirancang untuk individu dan perusahaan di sektor perbankan dan keuangan. Program ini bertujuan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam berbagai aspek industri keuangan.
Bagaimana cara mengikuti event ini ?

Pendaftaran bisa hubungi telepon atau melalui Whatsapp (+62 813-9880-8357)

Apa yang dipersiapkan untuk mengikuti event ini?
– Online : laptop, koneksi internet yang stabil, background zoom
– Offline : laptop
Apakah materi diberikan lewat WhatsApp atau Email?

Softcopy materi diberikan pada saat event berlangsung jika melalui chat zoom (online), landing page jika public training(offline), atau via WhatsApp setelah selesai event

Apakah ada sertifikasi setelah menyelesaikan Public Training?
Ya, peserta akan menerima sertifikat kehadiran setelah menyelesaikan Public Training. Sertifikat ini mencerminkan partisipasi dan pencapaian dalam program pelatihan yang bersangkutan.
Bagaimana materi pelatihan dipilih dan disusun?
Materi pelatihan dipilih dan disusun oleh tim ahli BK yang memiliki pengalaman luas dalam industri perbankan dan keuangan. Kami fokus pada topik aktual, tren terkini, dan kebutuhan peserta untuk memastikan relevansi dan nilai tambah.
Apakah BK menyediakan layanan konsultasi terkait Public Training?
Ya, BK menyediakan layanan konsultasi terkait Public Training. Kami dapat membantu peserta dengan pertanyaan atau kebutuhan khusus yang mereka miliki terkait materi pelatihan.
Bagaimana saya bisa menghubungi tim support BK untuk pertanyaan lebih lanjut?

Anda dapat menghubungi tim dukungan BK melalui formulir kontak di situs web kami atau mengirim email ke marketing@bangunkapasitas.co.id. Tim kami siap membantu dengan pertanyaan atau informasi tambahan yang diperlukan.



PT. Bangun Kapasitas didirikan sebagai komitmen dari para profesional yang berdedikasi ingin membangun kapasitas human capital di dunia Perbankan dan Keuangan.

Follow Us


Facebook-f


Instagram


Instagram


Whatsapp


Envelope

  • Gedung Menara Karya Lantai 28 Blok X-5, Kav.1-2 HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan, 12950
  • 021-57895948
  • 0813-9880-8357
  • Jam kerja : 9am – 5pm